Minggu, 07 November 2010

Cara Mudah Buat Kuisioner (Survey) Online

Pertama Daftar dulu di situs ini http://www.kwiksurveys.com/

Berikut tampilan Home ketika sudah menjadi member :







Untuk membuat kuisioner baru, klik "New", setelah itu muncul tampilan berikut :







Pada bagian "Setting", beberapa hal yang dapat diatur, sebagai contoh kapan survey/kuisioner yang dibuat mulai berlaku dan kapan berakhirnya, IP adress yang mengisi survey/kuisioner boleh sama atau tidak, dan sebagainya.

Pada bagian "Style", mengatur bagaimana survey/kuisioner akan ditampilkan.(tidak terlalu berpengaruh dengan isi survey/kuisioner)

Bagian "Result", digunakan untuk melihat hasil dari penyebaran survey/kuisioner yang dijawab oleh responden, hasil dapat di lihat secara satu per satu dengan mengklik "induvidual". Untuk mendownload hasil dalam format.xls (microsoft excel), .cvs, dan .xml klik "export". Untuk melihat data dalam bentuk excel secara online klik "View".



Yang ini merupakan bagian terpenting, yaitu "add question". Berikut tampilannya :







  1. "question text", disini merupakan tempat pertanyaang dituliskan.
  2. "options", terdapat 11 macam tipe jawaban yang adapat digunakan yaitu :
  • Multiple choice (single answer), pilihan ganda dengan hanya satu jawaban untuk tiap pertanyaan.
  • Multiple choice (multiple answers), pilihan ganda dengan jawaban lebih dari satu untuk tiap pertanyaan.
  • Star rating, sama halnya yang sering dilihat pada situs-situs yang menyediakan rating menggunakan jumlah bintang(atau yang lainnya), jenis ini jarang digunakan pada kuisioner karya ilmuah.
  • True or False dan Yes or No, hanya 2 opsi yaitu, benar/salah dan iya/tidak (Multiple choice (single answer) dapat digunakan untuk menggatikan tipe ini).
  • Sigle text box, "input format" untuk menentukan tipe tulisan yang dapat digunakan pada kotak isian. "input box size" untuk mengatu apakah kotak isian hanya sebanyak satu baris atau berupa text box yang dapat kita atur ukuran lebar dan banyak baris yang disediakan untuk responden.
  • Matrix of choices (single/multiple answer/s), menyediakan form matriks untuk jawaban, dengan single answer untuk satu jawaban dan multiple answer untuk jawaban lebih dari satu.(untuk saat ini penggunaan tipe ini belum diketahui karena keterbatasan pengetahuan penulis)
  • Multiple text boxes, menyediakan kotak isian lebih dari satu, untuk satu pertanyaan.
  • Picture and text.
  • Order list of item.
untuk penjelasan lebih jelas mengenai tipe-tipe pertanyaan dapat dilihat pada bagian atas drop box tipe jawaban, tulisan tersebut terlihat seperti ini "(See example questions)", untuk membuat pertanyaan menjadi "pertanyaan wajib jawab" pada isi check box dengan keterangan "Require answer".
3. "preview", untuk melihat dan mengecek tampilan pertanyaan.
4. "Save & Exit", untuk mengakhiri pembuatan pertanyaan tersebut dan
menyimpannya.

Terakhir untuk, menyebarkan kuisioner/survey klik "Launch", berikut tampilannya :








Klik "create link" untuk mendapatkan link dari survey/kuisioner yang telah dibuat, terdapat beberapa tipe link yang dapat digunakan diantaranya, reguler link (tipe link secara umum), reguler results link (untuk menampilkan hasil survey kepada responden), pop up request window (untuk memunculkan link secara pop up). Penyebaran link dapat dilakukan melalui blog (umumnya menggunakan link yang diformat dalam HTML, yang memiliki tags di dalamnya), e-mail/social network (dapat menggunakan reguler/secure/mini link).

Tulisan ini hanya mencakup pada cara penggunaan dasar dari situs ini dan ditulis berdasarkan pengalaman penulis. Untuk seterusnya, pembaca dapat memahami pengunaan situs ini memalui pengalaman dalam menggunakannya. Sekian, jika ada informasi yang lebih baru dalam membuat kuisioner online mohon dibagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar